Hallo sobat kali ini saya akan membagikan pengalamanku menggunakan sebuah drone yang bermerk SYMA dengan type X5HW sebenarnya ada beberapa type dari produk syma ini yaitu syma x5c (memiliki kamera namun tidak memiliki kamera realtime ke smartphone), x5hw (berkamera dan langsung bisa realtime dilihat via smartphone), x8 nah untuk seri x8 ini ukurannya lebih besar dan tentunya lebih bisa mengangkat beban yang cukup berat seperti action came, sedangkan untuk seri x5 tidak bisa mengangkat action came seperti go-pro.


Saat pertama kali mencoba menerbangkan drone ini hal yang terjadi adalah saya menabrakan drone ini beberapa kali dari ketinggian sedang kira-kira diatas kepala, namun drone ini begitu kokoh tetap bisa diterbangkan kembali. Hal ini saya menduga karena drone ini menggunakan bahan plastik campuran karet dimana porsi karetnya cukup besar.

Setelah melihat beberapa review dan cara menerbangkan drone Syma X5HW di Youtube akhirnya saya berhasil menerbangkan drone ini dengan mulus yang awalnya saya pikir drone ini kegagalan produk dari pabriknya ternyata bukan, sayanya yang belum bisa karena ini merupakan drone pertama saya juga yang saya miliki. Ternyata untuk menerbangkan drone ini kita harus berani mengangkat drone keatas kemudian kita harus tau arah mana depan dan mana belakang dari drone ini. Kemudian kita harus mengaktifkan headless mode dengan menekan tombol L1 kalau ibarat distik ps :) selama empat detik, cara ini berguna agar saat drone berputar maka kontrol tetap seperti biasa tidak menjadi kebalik.

Untuk kualitas kamera dan video saya rasa drone ini jauh dari harapan saya, terdapat banyak noise walau dalam kondisi banyak cahaya, kemudian gerakan video terasa patah2 membuah kita gak nyaman untuk menontonnya. Namun setelah browsing kamera yang pas untuk kamera ini akhirnya saya menemukan dan akan segera upgrade kamera untuk drone ini.

Jarak dan ketinggian terbang drone ini membuat saya puas, dalam kondisi angin lemah drone ini mampu mencapai ketinggian 100M sendangkan jauhnya bisa mencapai 150M.

Nah itulah review singkat saya mengenai drone ini, semoga kamu dapat menimbang sebelum membeli drone ini, namun saya sangat merekomendasikan drone ini yang saya rasa setara dengan kecanggihan dji phantom 3. Sayapun sangat puas dengan drone ini cuma kurang di kameranya, namun saya sudah memesan sebuah kamera yang cukup bagus untuk upgrade kamera drone ini. Semoga kamera cepat sampai biar bisa review videonya lagi dari ketinggian.


Sampai jumpa dan jangan lupa berkunjung lagi ke situs ini ya, www.tringtong.blogspot.com