Oke selamat pagi bila kamu membacanya pagi atau pun selamat siang bila kamu membacanya siang dan selamat malam bila kamu membacanya malam. Pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan kepada kalian tentang apa saja yang dibutuhkan sebelum membuat script PHP. Tentunya hal yang paling sulit dilakukan adalah memulai, saya pun sering melihat kata2 mutiara atau mime di google tentang sulitnya untuk memulai ini hehe. Nah dengan penjelasan saya kali ini mudah - mudahan sudah terpikirkan bagi kamu untuk memulai membuat sebuah script php.

Langsung saja ke inti masalahnya ya, oke berikut ini yang perlu kamu persiapkan

  1. Software
    Sofware ini peralatan kamu, ibarat tukang bangunan sebelum membuat bangunan tentu ada alatnya seperti cangkul untuk ngaduk semen mungkin. Nah disini ada beberapa software penting yang harus kamu miliki yaitu NOTE PAD ++ (untuk penulisan kode), XAMPP (Localhost jadi gak perlu sewa), Mozilla (untuk browser penguji hasil kode yang kita buat).
  2. Konsep
    Nah setelah itu kamu tentukan konsepnya seperti apa, ntah itu sosial media konsepnya gini - gini - gini, atau e-commerce mungkin. kamu harus tentukan konsepnya dengan jelas.
  3. Waktu Luang
    Tentunya kamu harus punya banyak waktu luang untuk mengerjakan sebuah program karena tingkat fokusnya tinggi sebaiknya kamu harus bisa mengatur waktu kapan harus program dan kapan harus program, atau isilahnya disiplin hehe.
  4. Kesabaran dan ketelitian
    Dalam pemograman memang sabar dan teliti harus dibutuhkan, karena salah nulis satu huruf saja maka akan berakibat fatal bagi keseluruhan program script biasanya hal ini akan memicu emosi kamu seperti marah gak jelas pada laptop yang gak bersalah haha.
Nah itulah dia penjelasan mengenai bagaimana persiapan dalam membuat sebuah script php, semoga bisa dimengerti dan bisa diterapkan. Oke sekian dulu postingan saya kali ini sampai jumpa di kesempatan selanjutnya. see yauuu hehehe.