Seiring dengan sering digunakannya aplikasi, setiap aplikasi pada Android akan menghasilkan data-data cache yang disimpan di storage ponsel Anda. Ketika data cache aplikasi ini menumpuk, maka storage ponsel Anda secara otomatis akan berkurang dan pada akhirnya akan menyebabkan ponsel Android Anda menjadi lebih lamban dari pada biasanya. Jika sudah begini, untuk mengembalikan performa ponsel ke kondisi yang semula, Anda dapat menghapus berbagai data cache aplikasi yang tersimpan pada ponsel. Saat ini ada banyak sekali aplikasi pembersih sampah Android yang dapat diunduh secara gratis dari toko Aplikasi Google. Berikut ini merupakan beberapa aplikasi pembersih Android yang layak untuk Anda coba :

1. Clean Master – Aplikasi Pembersih Android dengan Berbagai Pilihan Mode: Standard mode hingga advance mode

Clean Master - Aplikasi Pembersih Android
Fitur-fitur di Clean Master
Aplikasi ini merupakan aplikasi pembersih yang memiliki fitur paling lengkap. Aplikasi ini menyediakan dua buah pilihan dalam tingkatan pembersihan yaitu standard mode dan juga advance mode. Standard mode meliputi pembersihan sederhana berupa cache aplikasi dan juga beberapa file sampah di Android, sedangkan advance mode memiliki fitur yang lebih lengkap seperti pembersihan file-file data pribadi yang dianggap tidak terlalu penting ataupun penghapusan aplikasi yang dirasa jarang digunakan.
Download Clean Master Android

2. CCleaner – Aplikasi Pembersih Sampah di PC yang Kini Hijrah ke Android

CCleaner Dulunya adalah aplikasi pembersih di PC
IIustrasi CCleaner Android
Aplikasi pembersih Android terbaik yang kedua adalah CCleaner. Aplikasi ini pada dasarnya disadur dari aplikasi CCleaner yang sudah terlebih dahulu ada di personal komputer. Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat lengkap untuk meningkatkan performa ponsel Anda. Tidak hanya dapat digunakan untuk membersihkan file cache ataupun file sampah, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memonitoring penggunaan RAM, CPU, Temperatur ponsel, Daya Baterai, dan juga memory penyimpanan.
Download CCleaner Android

2. Clear Cache – Aplikasi Pembersih Cache Android yang Simpel

Clear Cache - Aplikasi Pembersih Cache Android yang Simpel
Screenshot Clear Cache di Play Store
Aplikasi ini merupakan aplikasi khusus yang hanya dapat digunakan untuk membersihkan cache saja. Tidak sama dengan beberapa aplikasi sebelumnya, kegunaan dari aplikasi ini cenderung lebih sedikit. Meskipun begitu, hanya dengan menggunakan aplikasi ini, data-data cache aplikasi di ponsel Android Anda akan dibersihkan secara menyeluruh. Aplikasi ini dibuat dengan interface yang sangat sederhana dan fungsional. Hanya dengan menggunakan satu tombol saja, aplikasi ini akan langsung membersihkan seluruh data cache yang tidak dibutuhkan oleh ponsel Anda.
Download Clear Cache Android

4. App Cache Cleaner – Anda Bisa Memilih Cache Aplikasi Mana yang Mau Dihapus

App Cache Cleaner - Kamu Bisa Memilih Cache Aplikasi Mana yang Mau Dihapus
Screenshot App Cache Cleaner di Play Store
Aplikasi pembersih Android berikutnya adalah App Cache Cleaner. Aplikasi ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi Clear Cache yang hanya berfungsi untuk menghapus file cache aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan. Perbedaan dari kedua aplikasi ini ada pada interfacenya. Berbeda dengan aplikasi Clear Cache yang secara langsung akan membersihkan seluruh file cache, aplikasi ini menyediakan fitur pilihan berupa aplikasi mana yang ingin dibersihkan cachenya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat mengingat ada beberapa file cache yang masih dibutuhkan untuk beberapa aplikasi.
Download App Cache Cleaner Android

5. The Cleaner – Boost & Clean – Aplikasi Pembersih Data Sampah dengan Fitur Lengkap dengan Interface yang Menarik

The Cleaner - Boost & Clean - Aplikasi Pembersih Data Sampah dengan Fitur Lengkap dengan Interface yang Menarik
Screenshot The Cleaner – Boost & Clean di Play Store
Versi gratis The Cleaner adalah aplikasi pembersih data sampah di Android yang dapat meningkatkan kecepatan, membuka ruang memori, dan sekaligus menguinstall aplikasi yang berbahaya di Android Anda. Aplikasi ini dikemas dengan tampilan yang indah dan intuitif, saat dijalankan aplikasi ini juga terasa cukup ringan tanpa mengurangi memori RAM Android secara berlebih. Nah, kalau untuk versi berbayarnya lebih lengkap fiturnya, antara lain bisa menghapus sms records, uninstall aplikasi yang tidak diperlukan secara bersamaan, dan masih banyak lagi
Download The Cleaner Android