Bagi kamu yang ingin memulai mempelajari bahasa pemograman php biasanya bingung untuk memulai, biasanya timbul pertanyaan ini dalam benak kamu "Apa bisa saya menguasai php ?", "Lalu bagaimana saya harus memulai dan apa yang harus saya ketahui agar mudah menguasai bahasa pemograman php ?". Nah pada kesempatan kali ini MR. NAE mau membahas itu, oh iya sebelum membahas ini kenalan dulu sama MR. NAE yuk. Nur Ahmad Eldio atau dikenal sebagai NAE oleh kalangan blogger, wapper, webber, programmer, dan android developer merupakan seorang programmer yang karyanya bernama naecms, sudah banyak cms yang dibuat oleh MR. NAE ini diantaranya blog builder, wapsite builder, e-commerse, dan masih banyak lagi. Nah itulah perkenalan singkat tentang penulis yang gak terlalu penting sih :) salam kenal aja yang belum kenal. Oke baiklah kita lanjutkan ke topik tadi, berdasarkan pengalaman saya pribadi nih ya... akan saya share disini sesuai pengalaman nih bukan dibuat - buat atau memperdaya nih... Apa sih yang harus kamu pelajari inti yang paling penting agar kamu dapat mudah menguasai bahasa pemograman php ? caranya adalah sebagai berikut :

  1. Database mysql
    kegunaan mysql database adalah untuk menyimpan input data kita dan menampilkannya juga dengan kode mysql dalam php.
  2. Html
    tentunya kamu harus tau kode html terlebih dahulu karena kode html merupakan komponen tampilan sedangkan php adalah si tukang perintah.
  3. Css 
    nah ini gunanya untuk tema agar tampilan web site kamu tertata rapi dan mempunyai tampilan menawan, tanpa css website akan berantakan dan hambar.
  4. echo
    nah kode echo dalam php sangat banyak digunakan, kegunaan kode echo ini untuk menampilkan konten baik berupa kode html, css, javascript, maupun teks biasa. Kode penulisannya adalah echo 'konten'; atau echo "konten"; atau echo $variabel;
  5. Variabel
    hmmm variabel ini gunakan untuk mendefinisikan suatu konten baik itu html, teks, nomor, variabel juga, dll. penulisannya adalah $hewan = 'kucing';
  6. Array
    nah yang satu ini nih yang paling penting agar kamu menguasai keseluruhan dari php
    komponen array ada banyak namun yang paling sering saya gunakan adalah explode dan implode. dimana explode berguna untuk mengubah teks biasa menjadi array sedangkan implode kebalikannya.
  7. Looping (pengulangan)
    Aha.... ini juga yang paling sering ditulis oleh para programmer termasuk saya. Looping yang paling sering saya gunakan adalah while, foreach, for. looping ini gunanya menampilkan data array.
  8. Penyampai
    Woke... ini penting juga lho gan penyampai yang sering saya gunakan diantaranya adalah $_POS, $_GET, $_SERVER, $_SESSION 
  9. if, else
    nah yang terakhir ini nih yang gak kalah penting kegunaanya untuk mengkondisikan suatu variabel apakah == (sama dengan) != (tidak sama dengan) > (lebih besar) < (lebih kecil)
  10. Filter konten
    dan yang terakhir adalah untuk menyaring konten kode saring yang paling sering saya gunakan seperti ucwords, htmlspecialchars, trim, strtolower, strtoupper, str_replace, preg_replace.
Nah itu dia rahasianya mengapa saya begitu cepat dalam menangkap kode php ? karena saya telah mempelajari hal dasar itu. Tidak mudah memang butuh waktu namun jika kau menyerah kau tidak akan mendapatkan apa - apa. Demikian pengalaman yang dapat saya bagikan kali ini sampai jumpa di posting berikutnya. Semoga bermanfaat